Sabtu, 30 Maret 2013

Kenapa Kayaknya di Rumah Terus itu Membosankan dan di Luar itu Menyenangkan

Kenapa Kayaknya di Rumah Terus itu Membosankan dan di Luar itu Menyenangkan
Kenapa Kayaknya di Rumah Terus itu Membosankan dan di Luar itu Menyenangkan
Siapa yang membuka artikel ini berarti dia sedang bosan di Rumah dan pingin keluar main-main kayak hari kemarin. Iya kan? Hehehe! Yah, beberapa hari yang lalu, saya juga begitu. Rasanya kalau di Rumah aja itu membosankan, dan pinginnya keluar Rumah biar menyenangkan. Tapi, rupanya, tidak harus begitu juga. Bisa juga, di Rumah itu malah jadinya menyenangkan, dan justru di luar itulah yang membosankan. Caranya? Teruslah membaca. 

Hm, pernah ngadain acara ulang tahun di Rumah Anda sendiri? Atau, barangkali, pernah ngadain acara syukuran di Rumah Anda sendiri? Atau, pas hari raya Idul Fitri, pernah ngumpul bareng keluarga di Rumah sendiri? Atau ntah acara apapun itu yang diadakan di Rumah sendiri, pernah nggak? Kalau pernah, coba lihat, bukankah itu semua menyenangkan? 

Lagi, coba bayangkan, sekiranya di Rumah Anda sedang ada acara ulang tahun, hari raya idul Ftri, syukuran, atau acara lainnya, tapi ada yang ngajak Anda keluar, kira-kira Anda mau nerima ajakannya nggak? Kemungkinan besar, tidak! Mengapa? Karena sekarang di Rumah sedang menyenangkan. Dan di luar itu belum tentu menyenangkan. 

Apalagi, sekiranya orang yang mengajak Anda keluar itu, mengajak Anda untuk ke Hutan, Goa, dan Kolong Jembatan. Padahal Anda lagi enak-enak main game di Rumah. Apa Anda mau kalau diajak keluar kesana? Kemungkinan besar, tidak! Mengapa? Karena tempat-tempat di luar itu membosankan. Dan di dalam malah lebih menyenangkan. 

Jadi, dari sini kita tahu, bahwa standart yang menetukan apa yang membosankan dan apa yang menyenangkan itu bukanlah di Rumah atau di luar Rumah. Melainkan yang menentuan adalah suatu kegiatannya. Di Rumah Anda bisa tetap bersenang-senang maupun bete. Di luar pun Anda bisa juga bersenang-senang maupun bete. Yang penting tergantung Anda "ngapain". Bukan tergantung Anda "dimana". 

Sekiranya Anda di Rumah saja, cobalah sesekali, iseng ciptakan suatu kegiatan yang menyenangkan. Ntah itu coba-coba mempraktekkan resep makanan, mendekorasi benda, manggil kawan atau saudara ke Rumah, dan lain-lain. Menyenangkan kan? 

Jadi, yang namanya kesenangan itu tidak mutlak terletak di luar Rumah! Di luar Rumah pun kalau lagi ada badai, Anda mau? Iyah kagaklah! Begitu pula, yang namanya kebosanan itu tidak mutlak terletak ketika berada di dalam Rumah. 

Malahan, sesungguhnya yang bikin sulit senang maupun gampang bosan itu karena kita suka-sukanya saja menentukan standart apa yang menyenangkan dan apa yang membosankan. Bisa-bisa sampai muluk-muluk. Tidak heran, itulah yang membuat kita susah bahagia. Harusnya, yah sederhanalah dalam menentukan apa yang membahagiakan. Malahan, Anda bisa bahagia detik ini juga. Putuskan saja! Putuskan Anda bakal bahagia kalau ngapain? Ayo putuskan! Bukankah Anda ingin bersenang-senang sekarang ini juga? 

Sumber Gambar: Gambar 1
Gambar-gambar bisa saja memiliki hak cipta.

gabung dengan hizbut tahrir
 
Ke Atas!