- Advertisement -
kenapa malas sholat ke Masjid?


"Ntah kenapa aku kok kayak pusing gitu susah kalau jalan sholat ke Masjid..." begitu kurang-lebih kata salah seorang teman diskusi kami saat sedang membahas keutamaan sholat berjamaah di Masjid.

Ah, ngeles. Sebenarnya malas aja ya kan. 😛

Sulit mengatakan bahwa sholat berjamaah ke Masjid termasuk salah satu penyebab kepala pusing. 😜

Yang ada itu penyebab kepala pusing kalau peredaran darah tidak lancar, demam, dehidrasi, stress, dan lain sebagainya.😋

Kecuali kalau dia ada memiliki semacam phobia gitu. Meski sepertinya hal tersebut amat sangat jarang atau bahkan nyaris nggak ada deh.

Sebenarnya, itu cuma soal pilihan aja: Mau sholat berjamaah Masjid atau sholat sendirian di Rumah itu bisa kita pilih kok.

Nggak ada ceritanya saat kita mau jalan ke Masjid, tiba-tiba kaki kita seperti bergerak sendiri.

Misalnya saat kita jalan ke Masjid, tiba-tiba kita tak bisa mengendalikan kaki kita, "Eh?! Aduh, kenapa ini?! Kok kakiku nggak bisa aku gerakkan? Loh loh kenapa ini kok kakiku bergerak sendiri malah jalan ke Diskotik?!! Aduh kenapa ini kok bisa begini..??!!"

Nggak ada pula ceritanya saat seseorang mau jalan ke Diskotik, tiba-tiba kakinya seperti bergerak sendiri.

Tiba-tiba kakinya berjalan sendiri, "Eh?! Aduh kenapa ini?! Kok kakiku jalan sendiri?!!" Loh loh kenapa malah jadinya pergi ke jalan kanan..??! Aduh toloong toloong aku terpaksa jalan ke Masjid nih kayaknya!!"

Ilustrasi via: https://giphy.com/

Hehehe! 😂 Nggak ada ceritanya begitu kan? 😆

Sejatinya, kita bebas bisa pilih mau ngapain.
  • Nanti setelah ini Anda mau ngapain, bisa Anda pilih.
  • Setelah ini mau makan apa, bebas memilih juga.
  • Mau main-main atau mau baca buku, bebas memilih juga.
  • Saat masalah menimpa kita, kita bebas mau memilih respon kita bagaimana.

Nggak ada yang maksa kan?

Bantal Cushion Quotes Motivasi
Ilustrasi via: http://www.shop.teknikhidup.com/
Itulah adilnya Allah. Nanti di akhirat, Allah hanya akan memintai pertanggungjawaban kita atas apa-apa yang kita pilih.

Yang nggak kita pilih, nggak akan dimintai pertanggungjawaban. Seperti misalnya beberapa hal di luar lingkaran yang dikuasai manusia:
  • Saya terlahir di Medan.
  • Saya terlahir sebagai laki-laki.
  • Saya terlahir tahun 1994.
  • Saya bisa berkeringat.
  • Saya tertabrak sepeda.
  • Saya terikat gaya gravitasi bumi.
  • Saya merasa panas bila langsung menyentuh api.

Biasanya, yang "me-" itu yang akan dimintai pertanggungjawaban. Sedangkan yang "ter-" itu tak dimintai pertanggungjawaban. Biasanya sih ya, bukan pasti. Intinya, yang bisa kita pilih, itu yang dimintai pertanggungjawaban. Yang nggak bisa kita pilih, itu yang tak dimintai pertanggungjawaban.

Nah, jadi, termasuk soal sholat itu pula. Mau sholat apa nggak? Mau sholat berjamaah di Masjid atau sendiri di Rumah?

Nggak ada yang maksa tiba-tiba ntah kenapa jadi nggak bisa:
  • Nggak ada ceritanya kalau pilih salah satu tiba-tiba jadi pusing dan auto-tidur.
  • Nggak ada ceritanya kalau pilih salah satu tiba-tiba otomatis jadi copot kakinya.

Sejatinya, bebas saja memilih. 😄
  • Mau sholat bisa dipilih.
  • Mau nggak usah sholat juga bisa dipilih.
  • Mau sholat berjamaah di Masjid bisa dipilih.
  • Mau sholat sendirian di Rumah bisa dipilih.
Pilih aja. 😊

Featured image llustration via https://pixabay.com/
- Advertisement -

Baca Juga Tulisan Lainnya:

- Advertisement -